Teknik Dalam Fotografer

 







    Dalam fotograpy juga ada teknik teknik untuk memotret agar foto menjadi menarik.Jika kalian ingin menjadi seorang fotografer pelajari teknik tekniknya seperti dibawah ini tekniknya.

1.Levitasi



  Levitasi yaitu memotret seolah olah foto seperti melayang atau terbang tanpa bantuan alat.levitasi berbeda dengan jump shot lho yang sering menunjukkan ekspresi muka dan sangat terlihat sedang melompat. Untuk melakukan teknik levitasi ini, caranya hampir sama dengan teknik jump shot, yaitu pengambilan gambar dilakukan ketika objek sedang melompat dan melayang, hanya saja, Levitasi lebih menekankan objek untuk seolah-olah terlihat melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi muka.

Tips foto levitasi:
1. Levitasi tanpa editing bisa dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR, kamera pocket, bahkan kamera handphone (tetapi kamera handphone kurang mantap, karena hasil foto sering blur dan minim cahaya) 

2.Bila menggunakan kamera poket biasa, bisa memilih mode sport, atau mode yang mekhususkan kecepatan tinggi dalam memotret, agar objek /model tidak terlihat blur(kabur) bila melompat dengan cepat.

 3.Pastikan objek/model tidak banyak menampakkan ekspresi muka dan usahakan seolah-olah melayang, agar terlihat elegan.

 4.Gunakan tempat-tempat yang istimewa atau yang unik agar menambah keindahan hasil foto levitasi.

 5.Berbagai macam aksesoris bisa digunakan dalam levitasi, misalnya balon (model seakan-akan tertarik oleh balon), sapu ( model menunggangi sapu dan melayang seperti dalam cerita Harry Potter), payung, buku, dan banyak lagi.

 6. Levitasi sering membuat model/objek lelah, karena harus melompat dan melayang berulang-ulang bila gagal, blur, dll. Jangan terlalu memaksakan, istirahat dulu dan cari insiprasi untuk membuat foto levitasi yang unik di internet.

 7.Pastikan cahaya yang memadai, jangan sampai berlevitasi di ruang gelap, karena objek tidak akan terlihat Foto levitasi ini, bisa dilakukan bersama-sama teman-teman disekolah, rekan kerja, maupun teman bermain untuk melepas penat. 

2.Light Painting



 Light painting adalah teknik fotografi yang eksposur dibuat dengan memindahkan sumber cahaya genggam atau dengan menggerakkan kamera atau bisa disebut melukis menfunakan cahaya.

Cara memotret dengan teknik light painting adalah 

-Pertama siapkan kamera dan tripot
-Kedua setting kamera dengan mode manual
-Ketiga atur bukaan kamera (arpeture) di f/8-f/11
-Keempat pilih shutter speed lambat 10-30 detik
-Kelima atur iso 100 atau 200
-Keenam siap melukis mengunakan cahaya


3.Siluet

  Siluet adalah teknik mengambil gambar dengan obyek utama gelap total dan berbackground yang terang. Teknik ini sangat mudah dilakukan, tetapi perlu mencari obyek yang menarik untuk menghasilkan siluet yang bagus.Biasanya fotonya sering dipingir pantai saat sunset.

Cara memotret mengunakan teknik Siluet

-Pertama jangan gunakan flash dikarenakan tidak mengunakn flash adalah kita mengambil obyek yang gelap.
-Kedua Backgraund harus lebih terang dibandingkan dengan obyeknya



Semoga bermanfaat
Terima Kasih




No comments for "Teknik Dalam Fotografer"